Thursday 11 March 2021

RPP PJJ Matematika I Teorema Phytagoras Part 2

 

RPP PPJ MATEMATIKA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

MINGGU KE- SATU (TANGGAL …. JANUARI 2021)

 

Satuan Pendidikan      :  SMP ………………………..

Mata Pelajaran            :  MATEMATIKA

Kelas/Semester            :  VIII / II

Materi Pokok              : TEOREMA PYTHAGORAS

Alokasi Waktu            : 1 Minggu (….Januari 2021)

 

A.           Tujuan Pembelajaran

Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh problem Based Learning peserta didik  diharapkan Menjelaskan dan membuktikan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras sampai benar

 

B.            Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal ( 5 menit)

1.   Guru Menginformasikan ke Peserta didik melalui wa grup matematika tentang pembelajaran online menggunakan aplikasi google classroom.

2.     Guru memberikan apresiasi dan memotivasi kepada peserta didik yang telah bergabung di classroom matemaika.

3.       Guru menginformasikan kepada peserta didik untuk mengisi absen di classroom dengan topik absensi siswa.

Kegiatan Inti ( 65 menit)

Langkah-langkah

Deskripsi Kegiatan

·                Orientasi peserta didik pada masalah

·       Guru membagikan link Video pembelajaran /  materi ajar  ke-2 bab 6 di classroom atau melalui wa Grupdengan alamat link video pembelajaran : ……..

 

·       Peserta didik menonton video pembelajaran ke 2/ membaca bahan ajar  tentang : (1) Menentukan panjang sisi segitiga siku-siku jika panjang dua sisi diketahui. (2)Menerapkan teorema Phtagoras untuk menyelesaikan masalah nyata

 

·           Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

·            Guru membagikan Latihan Mandiri 2  di classroom  atau melalui wa grup  di google formulir dengan alamat link ….. untuk didiskusikan dengan temannya melalui WA grup

 

·           Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

·            Dalam mengerjakan latihan Mandiri Peserta didik dapat bertanya ke guru melalui WA grup matematika atau japri.

·           Mengembangkan dan Menyajikan hasil karya

·            Setelah selesai mengerjakan Tugas  , hasil pekerjaannya di foto dan  diserahkan melalui media google classroom  masing- masing

·           Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

·            Guru mengecek tugas yang sudah di kirimkan di classroom.

·            Guru memberikan umpan balik nilai dan diserahkan kembali ke peserta didik di classroom

Penutup

1.        Tutup dengan doa

2.        Mengisi lembar pemantauan harian sekolah melalui alamat Link  : ………………………….

C.           Penilaian

1.        Teknik : Tes tulis

2.        Instrumen : terlampir

 

 

                                               

Kepala Sekolah                                                             Jakarta,           

SMP ……………………                                              Guru Mata Pelajaran Matematika

                          

 

…………………………..                                             …………………………..

No comments:

Post a Comment