RPP PPJ MATEMATIKA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
JARAK JAUH
MINGGU KE- SATU (TANGGAL …. JANUARI 2021)
Satuan
Pendidikan : SMP ………………………..
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : VIII / II
Materi
Pokok : TEOREMA PYTHAGORAS
Alokasi
Waktu : 1 Minggu
(….Januari 2021)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan
model Pembelajaran Jarak Jauh problem
Based Learning peserta didik diharapkan Menjelaskan dan membuktikan teorema
Pythagoras dan tripel Pythagoras sampai benar
B.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal ( 5 menit)
1. Guru Menginformasikan ke Peserta
didik melalui
wa grup matematika tentang pembelajaran online menggunakan aplikasi google
classroom.
2. Guru memberikan apresiasi dan memotivasi kepada peserta didik
yang telah bergabung di classroom matemaika.
3. Guru menginformasikan kepada peserta didik untuk mengisi
absen di classroom dengan topik absensi siswa.
Kegiatan Inti ( 65
menit)
Langkah-langkah |
Deskripsi Kegiatan |
·
Orientasi peserta
didik pada masalah |
·
Guru membagikan link Video pembelajaran / materi ajar
ke-2 bab 6 di classroom atau melalui wa Grupdengan alamat link video
pembelajaran : …….. · Peserta didik menonton video pembelajaran ke
2/ membaca bahan ajar tentang : (1) Menentukan panjang sisi
segitiga siku-siku jika panjang dua sisi diketahui. (2)Menerapkan teorema Phtagoras
untuk menyelesaikan masalah nyata |
·
Mengorganisasikan
peserta didik untuk belajar |
·
Guru
membagikan Latihan Mandiri 2 di
classroom atau melalui wa grup di google formulir dengan alamat link …..
untuk didiskusikan dengan temannya melalui WA grup |
·
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok |
·
Dalam mengerjakan
latihan Mandiri Peserta didik dapat bertanya ke guru melalui WA grup
matematika atau japri. |
·
Mengembangkan dan
Menyajikan hasil karya |
·
Setelah selesai
mengerjakan Tugas , hasil pekerjaannya
di foto dan diserahkan melalui media
google classroom masing- masing |
·
Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah |
·
Guru mengecek tugas
yang sudah di kirimkan di classroom. ·
Guru memberikan
umpan balik nilai dan diserahkan kembali ke peserta didik di classroom |
Penutup
1.
Tutup
dengan doa
2.
Mengisi
lembar pemantauan harian sekolah melalui alamat Link
: ………………………….
C.
Penilaian
1.
Teknik
: Tes tulis
2.
Instrumen
: terlampir
Kepala Sekolah Jakarta,
SMP …………………… Guru
Mata Pelajaran Matematika
………………………….. …………………………..
No comments:
Post a Comment