Wednesday 10 March 2021

RPP PJJ Matematika | Aritmatika Sosial Part 1

 RPP PJJ

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

MINGGU KE- DUA (TANGGAL ….. Januari  2021)


Satuan Pendidikan :  SMP ..........................

Mata Pelajaran         :  MATEMATIKA

Kelas/Semester         :  VII / II

Materi Pokok :  ARITMETIKA SOSIAL

Alokasi Waktu         :  1 Minggu (….Januari 2021)


A. Tujuan Pembelajaran

Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh problem Based Learning peserta didik  diharapkan dapat Mengenal dan Menganalisis Berbagai situasi terkait Aritmetika Sosial ( Penjualan,Pembelian, Potongan, Keuntungan, Kerugian, Bunga Tunggal,Persentase, Bruto, Neto, Tara) sampai benar


B. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal ( 5 menit)

1. Guru Menginformasikan ke Peserta didik melalui wa grup matematika tentang pembelajaran online menggunakan aplikasi google classroom.

2. Guru memberikan apresiasi dan memotivasi kepada peserta didik yang telah bergabung di classroom matemaika.

3. Guru menginformasikan kepada peserta didik untuk mengisi absen di classroom dengan topik absensi siswa.

Kegiatan Inti ( 65 menit)

Langkah-langkah Deskripsi Kegiatan

a. Orientasi peserta didik pada masalah

• Guru membagikan link Video pembelajaran /  materi ajar  ke-1 bab 6 di classroom atau melalui wa Grupdengan alamat link video pembelajaran : ……..

• Peserta didik menonton video pembelajaran ke -1/ membaca bahan ajar  tentang : (1) Menentukan besar untung, rugi, harga jual, harga beli,dan  rabat, dalam kegiatan ekonomi

b. Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

• Guru membagikan Latihan Mandiri   di classroom  atau melalui wa grup di google formulir dengan alamat link ….. 

untuk didiskusikan dengan temannya melalui WA grup

c. Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

• Dalam mengerjakan latihan Mandiri Peserta didik dapat bertanya ke guru melalui WA grup matematika atau japri.

d. Mengembangkan dan Menyajikan hasil karya • Setelah selesai mengerjakan Tugas  , hasil pekerjaannya di foto dan  diserahkan melalui media google classroom  masing- masing

e. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

• Guru mengecek tugas yang sudah di kirimkan di classroom.

• Guru memberikan umpan balik nilai dan diserahkan kembali ke peserta didik di classroom

Penutup

1. Tutup dengan doa

2. Mengisi lembar pemantauan harian sekolah melalui alamat Link  : …………………….........

C. Penilaian

1. Teknik : Tes tulis

2. Instrumen : terlampir



Kepala Sekolah Pemalang.......

SMP ……………… Guru Mata Pelajaran Matematika


.................................. ....................................





No comments:

Post a Comment