Thursday 11 March 2021

RPP PJJ Matematika I Kesebangunan dan Kekongruenan pada Bangun Datar

 

RPP PJJ MATEMATIKA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

MINGGU KE- SATU (TANGGAL … JANUARI  2021)

 

Satuan Pendidikan      :  SMP …………………..

Mata Pelajaran            :  MATEMATIKA

Kelas/Semester            :  IX / II

Materi Pokok              : KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN

Alokasi Waktu            : 1 Minggu (….Januari 2021)

 

A.           Tujuan Pembelajaran

Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh problem Based Learning peserta didik  diharapkan Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan sampai benar

 

B.            Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal ( 5 menit)

1.    Guru Menginformasikan ke Peserta didik melalui wa grup matematika tentang pembelajaran online menggunakan aplikasi google classroom.

2.     Guru memberikan apresiasi dan memotivasi kepada peserta didik yang telah bergabung di classroom matemaika.

3.      Guru menginformasikan kepada peserta didik untuk mengisi absen di classroom dengan topik absensi siswa.

Kegiatan Inti ( 65 menit)

Langkah-langkah

Deskripsi Kegiatan

a.   Orientasi peserta didik pada masalah

· Guru membagikan link Video pembelajaran ke-1 bab 4 di classroom dengan alamat link :

·  Peserta didik menonton video pembelajaran ke 1 tentang : .(1) Mengidentifikasi dua benda/bangun kongruen atau tidak. (2)Menjelaskan  kekongruenan antar bangun datar (3) Menentukan kekongruenan antar bangun datar

b.     Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

·  Guru membagikan Latihan Mandiri 1  di classroom untuk didiskusikan dengan temannya melalui WA grup.

c.      Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

·  Dalam mengerjakan latihan Mandiri Peserta didik dapat bertanya ke guru melalui WA grup matematika atau japri.

d.     Mengembangkan dan Menyajikan hasil karya

·     Setelah selesai mengerjakan Tugas  , hasil pekerjaannya di foto dan  diserahkan melalui media google classroom  masing- masing

e.          Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

·   Guru mengecek tugas yang sudah di kirimkan di classroom.

·   Guru memberikan umpan balik nilai dan diserahkan kembali ke peserta didik di classroom

Penutup

1.        Tutup dengan doa

2.        Mengisi lembar pemantauan harian sekolah melalui alamat Link  : http://form.gle/ow5bxJGX2FGTR1Ss9

C.           Penilaian

1.    Teknik : Tes tulis

2.     Instrumen : terlampir

                                               

Kepala Sekolah                                                              Jakarta,                                   

SMP …………………                                                  Guru Mata Pelajaran Matematika

                          

 

……………………….                                                  ………………………...

 

No comments:

Post a Comment